Jumat, 07 Oktober 2016

Asmaul Husna - Asy Syifa

Abi Makki - Taklim Sirajussa'adah



اَللهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اَشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لاَشِفَاءَ إِلاَّشِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَيُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBAN NAASI ADZHIBIL BA’SA ASYFI ANTASY SYAAFII LAA SYIFAA’A ILLAA SYIFAA’UKA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN .

Artinya ;
“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhori Muslim, Abu Daud)

Asy Syifa - Maha Penyembuh

Rasulullah saat menjenguk teman yang sakit menempelkan tangannya ke bagian yang sakit, dan membaca doa diatas dengan jelas.
Tujuannya agar doanya diingat dan tidak menduga duga mantra apa yang diucapkan saat menjenguk dan mendoakan teman.

Doa ini juga dibaca untuk diri sendiri saat sakit, juga untuk sakit hati dengan memegang dada. Sakit hati maksudnya kecewa, sedih saat dizholimi, dll.

Apabila kita sakit harus berobat, karena Rasulullah juga melakukan ikhtiar saat sakit. Sembuh atau tidaknya urusan Allah, yang pasti ikhtiar dan sabarnya kita telah tercatat sebagai pahala.

Allah memberi kita sakit sebagai penebus dosa. Kita tidak tau apakah amalan kita cukup sebagai bekal di akhirat nanti atau tidak, jadi kadang Allah memberikan ujian sbg salah satu caranya.

Asalkan sabar, tetap bersyukur dan ridho, perlahan lahan Allah tambahkan/kurangi sakitnya, naikkan derajatnya. Sakit membuat kita ingat akan kematian, semakin mendekat kepada Allah. Ujungnya sakit adalah sembuh atau wafat, dan kita semua akan wafat, jadi sabat sajalah, hidup ini adalah bagaimana agar kita bisa hidup di akhirat dengan enak (quotes alm Adi Sasono)

Apabila seseorang sakit, jangan kita menganggapnya sebagai azab Allah karena dia kurang saleh. Siapa tau Allah lebih sayang padanya, diijinkan sakitnya untuk mencuci dosa dan menaikkan derajatnya kelak di akhirat. 

Urusan sembuh adalah urusan Allah. Bagaimana caranya kita sembuh juga urusan Allah. 

Allah Maha Penyembuh mengatakan dalam Quran begini:
Quran adalah Obat (Al Isra)
Madu adalah Obat (An Nahl)
Jadi obat hati adalah Quran obat fisik adalah madu.

Terapi pengobatan melalui madu, masukkan air hangat di botol kaca/plastik, masukkan madu secukupnya, kocok atas bawah lalu minum.

Madu terbaik berasal dari Yaman pegunungan, lalu pepohonan (hutan) baru yang diternak. Tapi semua memiliki khasiat sebagai obat.