Kamis, 19 Maret 2015

Al Wadud

Ust. Abi Makki

Al Wadud
QS Hud : 90
Maha Penyayang lagi Pengasih

Makna Al Wadud : 
Sayang dan cinta tanpa syarat, mencintai dengan Ikhlas.
Allah mencintai kita tanpa harapan apa-apa. Seburuk-buruknya kelakuan kita. Buktinya ada orang bandel gamau sholat tapi Allah masih kasih kesehatan dan rejeki. 

Manusia biasanya mencintai dengan harapan ada timbal balik. 
Jangan berpikir Allah cinta kita apa enggak, tapi bagaimana kita membuktikan bahwa kita cinta Allah?

Hadits Qudsi
Apabila semua jin dari yang pertama diciptakan, dari mulai manusia pertama diciptakan, manusia dan jin dikumpulkan sholeh semua dalam keadaan sholeh sebagaimana Rasulullah, tidak akan berkurang atau bertambah agung kerajaan Allah. 

Makna kedua
Yang menanamkan rasa cinta.

Misalnya belum pernah ketemu tiba tiba melihat dan jatuh cinta tanpa sebab.
Ruhul Mujannadah : sudah ada rasa cinta, ada ikatan batin (ulfah)
Sudah tertanam rasa cinta tanpa pernah bertemu secara langsung.
Seperti cinta terhadap Ka'bah, kepada Rasulullah, kepada Allah, cinta kepada makhluk.
Rasa cinta itu ditanamkan oleh Al Waduud.

Sesungguhnya orang beriman itu cintanya lebih dahsyat kepada Allah SWT.
Berdoalah supaya kita mencintai Allah lebih kuat lagi dari segalanya. Cinta yang lebih utama adalah cinta kepada Allah. 

Ketika mencintai orang akan siap-siap kecewa, namun apabila mencintai karena Allah maka akan baik-baik saja. Istighfarlah apabila cinta kita kepada orang lain lebih besar dari cinta kita terhadap Allah. Sesungguhnya cinta yang tidak akan pernah mengecewakan adalah cinta kepada Allah. Ini makna ketiga. 

Rasulullah tidak pernah mendoakan yang jelek untuk orang mukmin, bahkan haram mendoakan yang jelek.

Kecuali di perang Khandaq, dari depan orang kafir datang menyerang dari depan dan orang Yahudi dengan licik menyerang dari belakang. Seorang sahabat minta ijin untuk mengelabui musuh, Rasulullah berkata: sesungguhnya perang itu adalah tipu daya. Jadi dibolehkan bluffing atau taktik perang.

Rasulullah mengatakan bahwa pengkhianat itu setara dengan khinzir. Lebih dari itu Rasulullah tidak pernah berkata buruk.  

Suatu ketika Muad bin Jabbar menjadi imam sholat. Bacaannya sangat panjang hingga makmumnya bubar. Muad bilang mereka munafik padahal sebenarnya makmum kelelahan. Rasulullah memanggil Muad dan makmumnya.

Makna ketiga Al Waduud
Mawaddah adalah cinta yang tau situasi, tau keadaan. Pahamilah bahwa keadaan dan kemampuan seseorang berbeda satu sama lain. Jangan sampai kebaikan yang kita kerjakan menjadi beban bagi orang lain. 

Marah adalah hal yang biasa dilakukan kita. Karena kemampuan menahan marah adalah hal yang cukup sulit. 

Pahamilah bahwa semua orang tidak sempurna. Daripada marah lebih baik tunjukan solusi dengan senyuman. Bawahan yang diberi petunjuk dengan senyum akan memperbaiki diri dengan rasa ikhlas dan penuh kehati-hatian ketimbang dengan yang dimarahi yang mengakibatkan rasa takut. Rasa cinta akan membuat manusia berusaha lebih baik dengan mawas diri.

Saad bin Ubadah adalah pemimpin yang adil pintar dan cerdas. Kecuali menurut satu orang. Umar bin Khattab bertanya-tanya, mengapa demikian. Saad berkata, "seandainya aku memang dusta dan seburuk yang beliau katakan, maka Allah Maha Tahu segalanya, namun apabila dia yang dusta, maka panjangkan umurnya dan abadikan kefakirannya, tambahkan balanya."
Umar tidak menjawab apa-apa. Sampai Umar wafat, orang tersebut masih hidup, tapi keadaannya memprihatinkan. Orang berkata, dia terkena doanya Saad.

Saking Allah mencintai ummatnya, apabila dizholimi, bahkan apabila kafir pun, maka Allah mengabulkan doanya.

Maka apabila dizholimi, maka kemenangan ada di tangan kita, kita mendapatkan ada 3 pilihan:
1. Boleh berdoa apapun, bahkan doa jelek pun akan dikabulkan, karena itu hak orang teraniaya.
2. Doa yang baik dan serahkan kepada Allah
3. Maafkanlah dan minta sorga. 
Pilihan terbaik adalah yang nomer 3, sebelumnya introspeksi tentu saja. 

Definisi terzholimi adalah tidak ada salah namun disalahkan, dirampas haknya, dicuri miliknya, mendapat fitnah, dll. Apabila sudah introspeksi, tapi belum ketemu salahnya apa, maka lebih baik bertanya. 

Jangan sampai melalaikan tugas istri untuk menyiapkan makan dan minum. Tanyakan suami mau makan/minum apa, semalam apapun dia pulang kerja. Suami yang baik akan melihat keadaan istrinya dan biasanya juga tidak tega bila melihat istrinya kelelahan menunggu. Ini adalah cinta yang mawaddah, saling memahami keadaan. Ini makna Al Wadduud keempat.

Makna Al Wadduud kelima, apabila berjauhan maka akan saling mendekati, yang membalas cinta dengan lebih indah. Apabila seseorang mencintai Allah satu hasta, maka Allah akan membalasnya dengan berkali lipat. 

Bila Allah sudah cinta, maka tidak ada makhluk lain yang tidak cinta kepada kita. 

Tugas Jibril jaman sekarang adalah menyampaikan mimpi orang mukmin yang rajin shalawat. Perbanyaklah shalawat agar Jibril mempertemukan kita dengan Rasulullah dalam mimpi.

Jika Allah jatuh cinta pada seorang hamba, maka Jibril disuruh Allah untuk mencintai hamba tersebut dan mengajak semua penghuni langit ikut serta mencintai hamba Allah tersebut. 
Malaikat pengurus pohon angin tanah dll maka semuanya akan mencintai hamba Allah yang shaleh-hah tersebut. 
Makna keenam: menjadikan semua makhluk mencintai orang shaleh yang mencintai Allah.

Jenazah orang shaleh tidak rusak bertahun-tahun lamanya karena seluruh alam menyayanginya.

Q&A
Q: mimpi bertemu seseorang yg belum dikenal tapi kemudian bbrp hari kemudian bertemu seperti kejadian mimpi (dejavu)
A: dalam keadaan tidur ruh berjalan ke masa depan dan masa lampau krn tidak ada yg mengatur. Mimpi bisa datang dari malaikat maupun dari setan. Jagalah ruh kita sebelum tidur dengan wudhu dan berdoa. 

"Kalau ada ilmu gaib yang harus dibuka maka ilmu itu masuk melalui mimpi"
 Ibnu Khaldun

Rasa cinta dan kedekatan mendalam kepada seseorang, bisa membuat kita bermimpi tentang masa depan seseorang.