Rabu, 18 September 2013

Sirah Nabawiyah - Islamnya Abu Bakar Ash Shiddiq

Ust. Abi Makki
Abu Bakar imannya bila ditimbang lebih berat dengan manusia manapun. Sebaik-baik manusia setelah Nabi dan Rasul adalah Abu Bakar. 

Posturnya tinggi, kurus, putih, pipinya tirus, kemong ceunah Abi, matanya cekung, berdirinya agak menekuk, kata Abi bongkok meongin. 

AbuBakar dengan Rasulullah usianya lebih muda dua tahun. Sejak kecil mereka bersahabat. 

Saat Rasulullah wafat, semua sahabat menangis sesunggukan, hanya Abu Bakar yang kuat, teguh hatinya. Ia membuka kafan Rasulullah, kecup keningnya dan mengatakan "Kau selalu memiliki wajah yang baik". Abu Bakar sedih sekali, tapi kuat menahan imannya. 

Orang yang paling bersedih saat Rasulullah adalah Abu Bakar, karena sejak kecil sudah bersama. Tapi keimanannya membuatnya teguh untuk tidak bersedih berlebihan. Kota Madinah diamankan Abu Bakar dalam suasana kesedihan setelah wafatnya Rasul SAW.

Seumur hidupnya Abu Bakar tidak pernah sekalipun menyembah berhala, walaupun awalnya Bapaknya Abu pernah. Ia mengatakan kepada bapaknya bahwa berhala itu tidak bisa bereaksi saat dipanggilnya, maka kita tidak bisa mengharapkan apa-apa dari mereka. 

Zaid Ibn Amr Ibn Nofail:
adalah orang yang mencari tahu bagaimana beribadah kepada Allah Yang Esa dan Maha Pencipta. 
Ia beribadah dengan cara berkata kepada Allah sambil mengangkat tangannya bahwa ia bersaksi bahwa Allah tuhannya, tapi ia tidak tahu cara ibadahnya, lalu bersujud sambil memuji Allah. Ia meminta Allah membuktikan bila ia mendengar doanya dengan menjadikan salah satu dari keturunannya bisa menjadi sahabat Nabi akhir jaman. Amalannya diterima Allah dan ia menjadi ahlul jannah. Keturunannya adalah Zaid bin Tsabit. 

Orang orang yang berhaji saat itu membaca talbiyah. Labbaik allahumma labbaik...
Laa syariikalaak.. Khusus di jaman ini, ada tambahannya: tidak pantas untuk diduakan, kecuali ada beberapa makhluk, beberapa tempat yang berkuasa sama sepertimu.

Zaid bin Amr bin Nofail berteriak-teriak agar jangan dilanjutkan, itu perkataan syrik. Orang-orang mengatakannya gila, kurang wajar. Tunggu saja nanti, akan datang nabi akhir zaman.

Abu Bakar mendengar hal itu. Ditanyakan, "Paman, benarkah itu?" Iya, kan di Injil sudah dikatakan begitu, kata Zaid. Saat itu Abu Bakar berdoa, ya Allah, aku merindukan adanya Nabi akhir zaman, izinkan aku dekat dan berteman dengannya. 

Hidup nikmat bila ada tempat bertanya, maka kita pun bisa berdoa agar diberikan kedekatan dengan Ulama, Kyai, orang-orang shaleh yang banyak ilmunya. 

Abu Bakar berdagang ke Syam (Syria). Rasulullah sudah menjadi nabi. Abu Bakar bermimpi melihat bulan purnama di atas Ka'bah, lalu pecah menyinari rumah-rumah di Mekkah, lalu bulan itu membulat lagi ke atas Ka'bah lalu duduk di pangkuannya. 

Rahib yang bertemu dengannya mengatakan, dari mimpi itu, memang pasti akan datang Nabi akhir zaman, dalam bulan ini. Bulan akan ada di pangkuanmu, artinya tidak mustahil tidak saja beliau menjadi sahabatmu, bahkan beliau akan tidur di pangkuanmu. 

Saat itu di Mekkah sudah ribut soal Muhammad menjadi Nabi, Abu Bakar mengetuk pintu Rasulullah dengan berkata ini sahabatmu.. Apakah kabar itu benar, tanyanya.
Rasulullah bilang iya itu benar, dan Abu Bakar langsung mengucap syahadat sambil memeluknya. 
Allah ridho bahwa Abu Bakar menjadi sahabat Rasulullah dengan gelar Ash Shiddiq, selalu membenarkan apa yang Rasulullah katakan dan lakukan, tanpa ragu. 

Al Baqarah : 
Allah yang menciptakan bumi, langit dan planet-planetnya. Allah juga yang menciptakan nyamuk. Nyamuk matanya seratus, yang dilihat bukannya bentuk wujudnya manusia atau binatang, melainkan suhu tubuh. Jatungnya ada 3, sayapnya 3 lapis. Sebelum jarumnya menusuk kulit, ia menyemprotkan zat mati rasa. Saat menyedot darah, ia menyemprotkan zat pengencer darah. Kakinya 6 tapi itu mirip pisau untuk merobek kulit luar. Saat mendarat, bila permukaannya licinmaka ia akan menggunakan perekat, bila permukaannya kesat, ia akan medarat seperti kampas rem. 
 
Mimpi Nabi haq, mimpi orang shaleh seperti Abu Bakar haq. Rasulullah di Gua Hiro ngantuk dan tertidur di pangkuannya, sama seperti mimpinya. Ia digigit ular, kakinya sakit sampai gemetar ditahan agar Rasulullah tidak bangun, sampai ia meneteskan air mata saking sakitnya. Pipi Rasulullah kena tetesan air mata sampai terbangun. Semua kebaikan sahabat bisa Nabi balas kecuali Abu Bakar, hanya Allah yang sanggup membalas kebaikan beliau semasa hidup bersama Rasulullah. Allah berjanji memberikan jannah kepada Abu Bakar. Allah memperlihatkan sorga kepada Abu Bakar, maka sembuhlah sakitnya. 

Keluarga Abu Bakar semuanya Islam. Itulah kemuliaan dari Allah untuk keluarga mereka.