Minggu, 14 April 2013

Kajian Tafsir Surat Al Fil

Ust. Abi Makki ~ 11 April 2013

Surat Al Fil (QS 105)

Surat Al Fil termasuk Surat Makkiyah, surat yang turun sebelum Rasulullah hijrah
(Sedangkan Madaniyah, surat yang turun setelah Rasulullah hijrah)

Surat yang turun di Hudaibiyah, tapi diturunkan setelah Rasulullah hijrah disebut surat Madaniyah.

Surat Al Fiil dan Artinya

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ ١
أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ ٢
وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ ٣
تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ ٤
فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ ٥

Artinya:
1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah[1601]?
2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?
3. dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,
4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,
5. lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Penjelasan:
[1601] Yang dimaksud dengan tentara bergajah ialah tentara yang dipimpin oleh Abrahah Gubernur Yaman yang hendak menghancurkan Ka'bah. sebelum masuk ke kota Mekah tentara tersebut diserang burung-burung yang melemparinya dengan batu-batu kecil sehingga mereka musnah.

Kisah Musailamah Al Kazab yang mengaku Nabi dengan Surat Al Filnya yang mirip tapi tanpa mengandung makna penting di dalamnya.

Di Yaman saat itu mulai penyebaran agama Nasrani, Dzunnawwas penyembah api, Raja Yaman menolaknya, dibunuhnya orang-orang Nasrani. Orang-orang Nasrani di Yaman tidak ada yg selamat kecuali Daus. Dia pergi mencari pertolongan ke Romawi, rajanya Nazirwan, pusat agama Nasrani.

Susah melawan Dzunawwas. Tapi dia memiliki kaki tangan yaitu Habasy dari Etiopia. Daus membawa surat menuju Habasy. Dikirim 2 jenderal dengan 2 pasukannya: jendral senior: Ariyad dan jendral junior: Abrahah.

Raja Abrahah bukan asli dari Yaman. Kemudian di Yaman beradu kepentingan dengan Ariyad. Mereka membuat perjanjian, pasukan yang kalah diberikan kepada Jendral yang menang.

Abrahah hidungnya robek, hampir mati, (kelak disebut Al Ashrom, yang hidungnya sobek) lalu Ariyad menyuruhnya bangun, tapi lalu ditikam dengan pisau kecil oleh Abrahah, lalu mati.

Raja Habasyah marah karena Abrahah membunuh Ariyad, bersumpah akan menginjak rambut Abrahah di atas tanah Yaman. lalu Abrahah berjanji akan membuat rumah ibadah agama Nasrani, istana Qullaish sebagai tanda cintanya kepada agama dan pengagum namanya. Kemudian, dipotongnya rambutnya sendiri, ditaruh di atas pasir Yaman, dikirimnya ke Habasy untuk diinjak sesuai janjinya agar tidak capek-capek membunuhnya.
Istana Qullaish di Yaman akan dijadikan tempat berhaji umat Nasrani selain Ka'bah. (Dulu Ka'bah dijadikan tempat berhaji agama Allah)

Kabilah Annasi dari Mekkah tidak suka dan melumuri pembangunan istana itu dengan kotoran, karena tidak suka orang beribadah ke Yaman. Abrahah marah lalu berencana menghancurkan Ka'bah sebagai balasannya. Allah juga melaknat Annasi karena hal yang diperbuatnya.

Gajahnya dibawa dari Habasy beserta pasukan Abrahah. Abaabil datang dari segala arah, saling mengejar, terlihat seperti awan hitam, bertubi-tubi, masing-masing membawa 3 batu kecil, lebih kecil dari biji zaitun, kira-kira sebesar biji pepaya, di paruhnya, di kaki kanan, dan kaki kiri. Ukurannya lebih besar dari pipit tapi lebih kecil dari merpati. Batu dilempar lalu langsung terbang melarikan diri, disusul dengan yang lainnya, jarak penembakan per mili second.

Pasukan Abrahah bolong-bolong terkena batu panas, semua binasa. Batu panasnya melesak ke dalam bumi saking panasnya. Batunya batu neraka. Sijjil. Saking panasnya semakin ke bawah semakin panas sehingga setelah dilempar bumi tidak sanggup menahannya dan masuk ke dalam bumi.

Itulah kisah bagaimana Allah menjaga Ka'bah, tugas kita sebagai ummatnya dengan menjaga kecintaan kita kepada Ka'bah dengan mengagungkannya dengan ibadah, menghadap Kiblat (maksudnya ibadah sholat, dan lain-lainnya)

Orang yang tidak menjaga Ka'bah (tidak sholat) hati-hati ababil zaman sekarang yang 'melemparkan' ketidaktenangan hati.

50 hari setelah penghancuran Ka'bah, Rasulullah lahir.

*mohon maaf dan tolong dikoreksi apabila ada kesalahan penulisan*