Kamis, 21 Maret 2013

Life's begin at 40

Ultah Rumil Al Hilya dan Ultah Mbak Vera Hasan from Rumil Al Hilya

Hari ini adalah hari yang istimewa, untuk mensyukuri 8 tahun Rumil Al Hilya dan ultah Mbak Vera Hasan, Rumil mengadakan acara dengan menghadirkan pembicara Ibu dr. Aisyah Dahlan dan Ust. Abi Makki dengan tema : Life's begin at 40.

Acara diisi dengan paduan suara Vora (Voice of Rumil Al Hilya), Hijab Tutorial by Mely Andianto, Fashion Show dan ceramah Ust. Abi Makki.

Dr. Aisyah Dahlan

Wanita selalu cantik sepanjang hidupnya karena adanya hormon Estrogen.
Estrogen fungsinya menjadikan wanita bersifat seperti Ratu.

Sifat Ratu yang paling menonjol: selalu mepertahankan kerapian dan kecantikan.
Sifatnya agresif tapi tetap lembut.
Testosteron hormon penggoda, sama halnya dengan Estrogen, bekerja saling tarik menarik antar lawan jenis.

Fase-fase estrogen dalam hidup kita bersifat up and down. Kadarnya akan menjadi seimbang pada usia 40 tahunan.

10 tahap kehidupan perempuan.
1. Fase Janin
2. Anak-anak
3. Pubertas
4. Wanita matang
5. Kehamilan (hanya dialami wanita)
6. Menyusui (hanya dialami wanita)
7. Membesarkan anak
8. Pre menopause vs. paruh baya di laki laki
9. Menopause vs andropause
10. Pasca menopause

Wanita senang berkumpul dan berteman. Jarang bersaing. Sedangkan laki-laki tidak demikian.
Otak tengahnya perempuan tebal, bisa multi tasking. Hal ini membuat wanita mampu mengerjakan beberapa hal sekaligus, misalnya menyetir sambil berdandan di perjalanan menuju kantor atau tempat aktivitas, dan hal-hal lainnya.

Laki-laki hanya berbicara sedikit saja karena memang setingan otaknya demikian. Jadi terimalah dia apa adanya dan mengertilah keadaannya.

Laki-laki senang melihat. Wanita senang mendengar. (Hmm...That's why we put some make up and we want him to speaks nicely)

Kebutuhan wanita : disayang~> dipuji, dibelai, diberi makan, diberi pakaian, dilarang menyinggung berat badannya 😜😜
Kebutuhan pria : dekati dia tanpa bahan 😜😜

Di otak tengah wanita programnya : tanggung jawab.
Sedangkan pria : seks.

Waktu remaja apa impian kita akan suami? Six packs? Tampan? Lembut?
Laki-laki asli tidak begitu, kecuali yang mlintir..
Tegap, keras, kaku juga pribadinya.
Untungnya laki-laki bisa belajar untuk menjadi seperti yang kita inginkan.

Pada masa janin, testosteron anak laki-laki berkembang pelan-pelan. Kemudian masa pubertas (sekitar usia kls 5 sd) testosteron keluar dari otak sebanyak 2x lipat.
Masa ini anak-anak akan sering menentang orang tua. Tapi pada saat dibujuk dan bicara lembut, oksitosinnya keluar, dan dia akan menjadi tenang.

Pada usia maskulinitas hormon berkembang. Biasanya masa muda laki-laki kurang suka dipeluk lama-lama.
Makin berumur estrogennya bertambah dan senang dipeluk, selalu minta dimanja.

Maka perbanyaklah ibadah. Contohnya amalan dzikir Asmaul Husna untuk menstimulan otak kita untuk mengaktifkan apa yang sudah ditakdirkan pada lobus otak kita.

Masa menopause wanita tetap bersikap sebagai ratu. Badan kasar (gross body) sudah melemah tapi badan cahaya (aura) semakin panjang. Sehingga setiap berdoa, beliau terbroadcast lebih cepat sinyalnya dibanding usia kita yang masih muda.

Untuk yang memiliki anak yang akan menempuh ujian, Ibu dan mertua memiliki kemiripan gen dengan anak kita, jadi sering-seringlah berdoa bersama mereka. Insya Allah.. Jangan lupa mengangkat tangan sebagai salah satu upaya pempercepat doa.

Tips komunikasi dengan pria: Tunggu kode untuk bicara, dari anak laki-laki/suami untuk melihat kesiapan mereka menerima pembicaraan kita yang panjang lebar. Biasanya setelah 10 menit ke atas. Karena kita paham bahwa laki-laki sehari hanya bicara 7ribu kata, sedangkan wanita 16ribu kata, jadi sebaiknya mencari waktu yang pas untuk melakukan dialog.

Wanita senang menawar bukan masalah harga, memang seneng ngobrol saja.
Kiat bijak: seminggu sekali ajak jalan suami di siang hari, agar saat ia masih ingin berbicara kita bisa ada di sampingnya.

Jadi bila suami yang sudah mulai menua, sudah pensiun, akan terlihat bawel karena 7ribu kata untuk kita semua dan hormon estrogen mulai banyak, ingin dibelai dan dimanja.

Dari tausyiah ini dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya komunikasi membutuhkan pemahaman atas kondisi satu sama lain, tinggal kita menyesuaikan kapan dan bagaimana saat terbaik untuk bertukar pikiran.

Ust Abi Makki ~ Life's begin at 40

QS Al Ahqaf : 15
Hormat kepada orang tua.

Usia 33 adalah usia mencapai kesempurnaan sebagai manusia. Hendaknya...
Hormati orang tua
Banyak bertobat.
Menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh.

Jadi di usia 40 hendaknya kita sudah menjadi manusia yang baik. Bila belum baik, segeralah memperbaiki diri secepatnya. Bila tidak juga, maka jangan salahkan guru ataupun orang lain, melainkan salahkan diri sendiri mengapa tidak bisa mengambil pelajaran dari kehidupan yang telah dijalani.

Kali ini Abi memberi ceramah yang singkat tapi penuh makna. Kehadiran Abi Makki diakhiri dengan pembacaan doa untuk yang berulang tahun dan semua sahabat Rumil. Alhamdulillah...

Happy birthday Mbak Vera, selamat hari jadi Rumil Al Hilya, semoga makin berkah dan selalu dalam ridho Allah SWT...